Makanan Khas Daerah Indonesia

Rp.350.010,-

Mustikarasa: Resep Masakan Indonesia Warisan Sukarno

Indonesia merupakan negara kepulauan yan terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan yang sangat beragam. Begitu dengan hasil alam yang dijadikan sebagai bahan pangan. Umumnya bahan pangan berasal dari dua sumber yaitu bahan pangan nabati dan bahan pangan hewani, bahan pangan nabati adalah bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayur mayur, buah-buahan, umbi – umbian dan serealia.. Sedangkan Bahan pangan hewani berasal dari heawan sperti telur, susu, daging dan ikan.

Perbedaan budaya dan bahan pangan yang tersedia mengakibatkan pengolahan produk makanan khas berbeda di setiap daerah sehingga menghasilkan jenis produk makanan yang beraneka ragamdengan karakter yang berbeda pula. makanan khas daerah mempunyai ciri khas dan karakter tertentu, seperti contoh dibawah ini ada beberapa makanan khas daerah yang ada di Indonesia

1. Jawa Barat

Jawa Barat merupakan daerh pegunungan yang banyak menghasilkan berbagai jenis sayur mayur. Masyarakat Jaawa Barat lebih suka makan sayur mayur muda yang masih mentah secara langsung dalam bentuk lalap mentah yang disantap bersama sambal. Olahan sayuran yang masih mentah disebut Karedok. Sedangkan yang matang disebut gado-gado.

 

2. Jawa Tengah

Masyarakat Jawa Tengah banyak menggunakan bawang putih sebagai bumbu dominan dan lebih menyukai rasa masis dibandingkan rasa yang lain. Di daerah ini banyak ditemukan masaka bersantan. Contoh makanan khas dari Jawa Tengah adalah Gudeg.

3. Jawa Timur

Masakan Olahan jawa Timur banyak menggunakan tarasi dn petis sebagai pemberi rasa pada masakan. dengan rasa yang sedikit pedas, masakan Jawa Timur banyak dimatangkan dengan cara direbus, digoreng, dipepes dan dibakar. Contoh makanan khas Jawa Timur adalah rujak cingur, tahu Tek dan lain-lain.

4. Sumatera

Masalkan olahan daerah Sumatera menggunakan banyak bumbu. Sumatera Barat menggunakan banyak cabai hingga rasanya realtif pedas dan santan kental. Daerah Sumatera Selatan sukan amsakan yang rasanya asam. Olahan makanannya banyak dimatangkan denga cara direbus, dibaka dan digoreng dengan waktu memasak yang relatif lama. Masakan dari sayur mayur tidak banyak jumlahnya. kalaupun ada jenis sayurnya tidak bervariasi. Sayur yang sering dipakai antara lain dau singkong, kacang panjang, buncis dan nangka muda. Contoh makanan khas dari Sumatera adalah rendang, mpek-mpek, tempoyak, keripik sanjay dan lain-lain

5. Sulawesi

Masakan Olahan daerha Sulawesi banyak menggunakan ikan dengan rasa asam pedas. Contoh makanan khas Sulawesi adalah bubur jagung, kaledo, palumara, uvempoi, uta kelo dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh makanan khas daerah yang di indonesia beserta karakteristiknya masing-masing yang menjadikan Indonesia kaya dengan budayanya dan kulinernya sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing.

Demikian artikel Makanan Khas Daerah Indonesia serta karakteristiknya semoga menambah wawasan dan bermanfaat juga bisa dijadikan sumber

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

Nenah
Makanan Khas Daerah Indonesia | Dian | 4.5